Mengapa Wanita Hamil Ngidam?

Ngidam menjadi begitu populer umumnya karena yang diidamkan kadang aneh-aneh. Misalnya ngidam perutnya dielus-elus oleh presiden atau orang yang belum tentu bisa didatangkan,  ingin kelapa hijau di waktu tengah malam dan lain-lain. Dan waktu ngidam yang tidak tentu. Tidak sedikit wanita hamil yang ngidam di tengah malam atau dini hari. Kebiasaan unik wanita hamil ini kemudian menjadi turun-temurun hingga pada generasi kita. Untuk Anda yang saat ini sedang hamil dan mengalami ngidam maupun tidak, yuk baca lengkap.

Mengapa wanita hamil ngidam?


Ngidam pada wanita hamil, ternyata sedikit mirip dengan nafsu makan ketika kita tidak benar-benar lapar. Bila kita ngidam makanan, sebenarnya kita sedang membutuhkan zat-zat tertentu yang ada dalam makanan yang kita idamkan tersebut. Misalnya ketika kita ngidam makan coklat manis. Bisa jadi tubuh kita sedang membutuhkan gula.

Lalu bagaimana kalau ngidamnya aneh-aneh? Ingin perut dielus artis misalnya. Memang ngidam tidak melulu soal makan dan kebutuhan fisik, namun juga berhubungan dengan psikologi. Mengingat pengaruh hormon yang mirip-mirip masa menstruasi.

Mengapa ngidam sering terjadi di waktu yang tidak umum?


Mungkin kita sering mendengar kisah mengenai wanita yang ngidam di tengah malam. Ngidam memang seringkali terjadi di waktu yang tidak umum. Misalnya dini hari, ngidam sesuatu yang sedang tidak musim dan sebagainya. Ngidam ini menunjukkan kebutuhan akan rasa nyaman dan seringkali untuk bisa memenuhi hal tersebut, sang suami memang harus memahami sindrom ini.

Ngidam harus selalu dipenuhi?

Wanita Hamil Ngidam

Memang pada beberapa kasus ngidam, beberapa wanita jadi rewel dan ingin dipenuhi keinginannya. Namun ada baiknya untuk membatasi ngidam Anda. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah kesehatan. Jika ngidam Anda berhubungan dengan makanan, pastikan Anda mengonsumsi makanan seimbang dan tidak berlebihan.

Bila ngidam Anda bersifat non makanan, seperti ingin melakukan sesuatu yang aneh, selama masih tidak menyulitkan orang-orang di sisi Anda, mungkin tidak apa-apa. Namun menuruti segala keinginan yang menyulitkan juga kurang baik dan sebaiknya ditahan. Mungkin sebenarnya ANda hanya membutuhkan perhatian dari orang terdekat.

Untuk mengalihkan perhatian saat ngidam?


Lakukanlah kegiatan yang bermanfaat dan tidak membuat Anda bosan. Misalnya berjalan -jalan ke luar rumah, melakukan hobi, membaca buku atau majalah. Dengan demikian, Anda akan teralihkan dari keinginan ngidam yang aneh-aneh. Pastikan Anda mengetahui kapan Anda membutuhkan suasana yang tenang dan kapan Anda membutuhkan teman bicara.

Untuk lebih lengkap mengenai ibu hamil ataupun wanita anda bisa baca di website khusus tetapi dalam bahasa inggris di thehealthymoms.net