Cara Do'a Agar Diberi Kecerdasan Sumber Kitab Nawadhir


(فائدة) يقال عند القراءة في الدرس : اللهم ألهمني علما أفقه به أوامرك ونواهيك ، وارزقني فهما أعلم به كيف أناجيك يا أرحم الراحمين ، اللهم ارزقي فهم النبيين وحفظ المرسلين وإلهام الملائكة المقربين ، برحمتك يا أرحم الراحمين . اللهم أكرمني بنور الفهم ، وأخرجني من ظلمات الوهم ، وافتح لي أبواب رحمتك ، وانشر علي خزائن علمك يا أرحم الراحمين .

(Faedah) Ketika hendak membaca pelajaran, sebaiknya berdoa:

اَللَّهُمَّ اَلْهِمْنِيْ عِلْمًا أَفْقَهُ بِهِ أَوَامِرَكَ وَنَوَاهِيَكَ، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا أَعْلَمُ بِهِ كَيْفَ اُنَاجِيْكَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِيْ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ وَإِلْهَامَ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللَّهُمَّ أَكْرِمْنِيْ بِنُوْرِ الْفَهْمِ وَأَخْرِجْنِيْ مِنْ ظُلُوْمَاتِ الْوَهْمِ وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَانْشُرْ عَلَيَّ مِنْ خَزَاءِنِ عِلْمِكَ  يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya: "Ya Allah, berilah aku ilham akan ilmu yang dengannya aku bisa memahami perintah²-Mu dan larangan²-Mu, dan berilah aku rezeki pemahaman (hingga) aku mengerti bagaimana caraku bermunajat kepada-Mu, Wahai Dzat Yang Paling Pemurah di antara yang pemurah."

“Ya Allah, berilah aku rezeki pemahaman para Nabi, hafalan para Rasul, dan ilham para malaikat yang dekat dengan-Mu, Wahai Dzat Yang Paling Pemurah di antara yang pemurah."

"Ya Allah, muliakanlah aku dengan cahaya pemahaman, keluarkanlah aku dari kegelapan² persangkaan yang keliru, bukakanlah bagiku pintu² kasih sayang-Mu, dan tolonglah aku akan hikmah²-Mu, Wahai Dzat Yang Paling Pemurah di antara yang pemurah."

Referensi:
📚[An-Nawadir. Hal. 198]