Do'a Syekh Abdul Qodir Jailani Dalam Kitab Tanqihul Qaul

Do'a Syekh Abdul Qodir Jaelani ini diambil dari kitab Tanqihul Qaoul karya Syakh Nawawi Al Bantani, kitab tersebut merupakan Syarah kitab Lubabul Hadis karya Syekh Jaludin As-Sayyuthi.

Doa Syekh Abdul Qodir Jaelani ini berada pada Bab 19 tentang keutamaan Do'a. Berikut dibawah ini adalag do'anya yang selalu dibaca setelah shalat fardhu.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَ اْلأَرْضَ لاَ إلٰهَ إِلاَّ هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَ هُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُوْن . اَللّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا ذُنًوْبَنَا مَا أَظْهَرْنَا وَمَا أَسْرَرْنَا وَمَا أَخْفَيْنَا وَمَا أَعْلَنَّا وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنَّا . اَللّهُمَّ أَعْطِنَا رِضَاكَ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالسَّعَادَةِ وَالشَّهَادَةِ وَالْمَغْفِرَةِ . اَللّهُمَّ اجْعَلْ آخِرَ أَعْمَارِنَا خَيْرًا وَخَوَاتِيْمَ أَعْمَالِنَا خَيْرًا وَ خَيْرَ أَيَّامِنَا يَوْمَ نَلْقَاكَ . اَللّهُمَّ إِناَّ نَعُوْذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَمِنْ فَجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَمِنْ تَحْوِيْلِ عَافِيَتِكَ . اَللّهُمَّ إِناَّ نَعُوْذُ بِكَ مِنْ دَرْكِ الشَّقَاءِ وَجَهْدِ البَلاَءِ وَشَمَاتَةِ الأعْدَاءِ وَتَغَيُّرِ النُّعَمَاءِ وَسُوءِ القَضَاءِ ونَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَمِيْعِ الْمَكَارِهِ وَاْلأَسْوَاءِ وَنَسْأَلُكَ اَللّهُمَّ خَيْرَ الْعَطَاءِ . اَللّهُمَّ إِناَّ نَسْأَلُكَ أَنْ تَكْشِفَ سَقَمَنَا وَتَبْرَئَ مَرْضَانَا وَتَرْحَمَ مَوْتَانَا وَتَصِحَّ أَبْدَانَنَا وَتُخْلِصَهَا لَكَ وَأَنْ تُخَلِّصَ أَدْيَانَنَا وَأَنْ تَحْفَظَ عِيَاذَنَا وَتَشْرَحَ صُدُوْرَنَا وَتُدَبِّرَ أُمُوْرَنَا وَتُجْبِرَ أَوْلاَدَنَا وَتَسْتُرَ جُرْمَنَا وَتَرُدَّ غِيَابَنَا وَأَنْ تُثْبِتَنَا عَلَى دِيْنِنَا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا وَ رُشْدًا . اَللّهُمَّ رَبَّنَا إِناَّ نَسْأَلُكَ أَنْ تُؤْتِيَنَا حَسَنَةً فِى الدُّنْيَا وَحَسَنَةً فِى اْلآخِرَةِ وَ أَنْ تَتَوَفَّانَا مُسْلِمِيْنَ بِرَحْمَتِكَ وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ وَعَذَابَ الْقَبْرِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ .

Teks Arab Dari Kitab Tanqohul Qaul

Artinya : Segala puji bagi Allah Dzat yang menciptakan langit dan bumi, Tiada Tuhan melainkan Dia, hanya kepada-Nya aku berserah diri dan Dia-lah penguasa ‘arasy yang agung. Maha suci dan maha tinggi Allah dari yang mereka persekutukan. Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami. Dosa yang kami lakukan secara terang-terangan maupun secara yang diam-diam dan yang kami lakukan dengan sembunyi-sembunyi maupun yang kami lakukan dengan jelas dan dosa yang mana Engkau lebih mengetahuinya dari pada kami. 

Ya Allah berikanlah ridha-Mu kepada kami di dunia dan di akhirat  dan berilah kami akhir berupa kebahagiaan, kesaksian (dari-Mu) dan ampunan. 

Ya Allah jadikanlah kebaikan  menjadi akhir umur kami, kebaikan menjadi akhir amal kami dan jadikanlah hari ketika kami menemui-Mu adalah hari terbaik kami. 

Ya Allah kami berlindung kepada-Mu dan hilangnya ni’mat-Mu dan dari datangnya siksa-Mu secara tiba-tiba dan dari berubahnya kesehatan dari-Mu. 

Ya Allah kami berlindung kepada-Mu dari tertimpa kecelakaan, terkena bencana, keghairahan musuh, berubahnya nikmat-nakmat-Mu dan takdirr yang jelek. Dan kami berlindung kepada-Mu dari segala hal yang di benci dan dari segala kejelekan. Dan kami memohon kepada-Mu sebaik-baiknya pemberian. 

Ya Allah kami memohon kepada-Mu  supaya Engkau hilangkan rasa sakit kami, Engkau sembuhkan penyakit kami, Engkau kasihi orang-orang yang telah mati dari kami, Engkau sehatkan badan kami, Engkau bersihkan badan kami untuk (beribadah kepada) Mu dan kami mohon Engkau bersihkan agama kami dan Engkau jaga perlindungan kami, Engkau luaskan dada kami, Engkau urus urusan-urusan kami , Engkau sayangi anak-anak kami dan Engkau tutupi dosa kami dan engkau kembalikan yang hilang dari kami dan engkau tetapkan kami atas agama kami. 

Dan kami memohon kebaikan dan petunjuk kepada-Mu. 

Ya Allah , ya Tuhan kami sesungguhnya kami memohon kepada-Mu supaya Engkau berikan kepada kami kebaikan didunia dan kebaikan di akhirat. Dan supaya Engkau mematikan kami dalam keadaan muslim dengan rahmat-Mu dan peliharalah Kami dari siksa neraka dan siksa kubur wahai Dzat yang maha pengasih dari segala yang mengasihi , wahai Tuhan penguasa alam semesta. 

Doa tersebut saya kutip daripada ibarat kitab Syarah Tanqihul Qaul, Halaman : 33, Cetakan : Darul Ilmi