Tingkatan Dunia Menurut Al Imam Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad

TINGKATAN DUNIA

الدنيا على ثلاث طبقات : فدنيا فيها الثواب، وأخرى فيها الحساب، وثالثة فيها العذاب.

Dunia terdiri dari tiga tingkatan :
1. Dunia di dalamnya ada pahala.
2. Dunia di dalamnya ada hisab.
3. Dunia di dalamnya ada adzab.

فأما التي فيها الثواب : فهي التي تصل بواسطتها إلى الخير، وتنجو بواسطتها من الشر، وهي مطية المؤمن ومزرعة الآخرة، وهي الكفاف من الحلال.

Adapun dunia yang mengandung pahala adalah dunia yang memberikan kebaikan, dan selamat dari kejelekan. Dunia semacam ini menjadi kendaraan orang mukmin serta ladang akhirat. Inilah dunia yang cukup dengan yang halal.

وأما التي فيها الحساب : فهي التي لا تشتغل بسببها عن أداء مأمور، ولا ترتكب فى طلبها أمرا محظورا، وهذه الدنيا فيها الحساب الطويل، وأربابها هم الأغنياء الذين يسبقهم الفقراء إلى الجنة بنصف يوم وهو خمسمائة عام.

Adapun dunia yang terdapat hisab yaitu dunia yang tidak menyibukkan seseorang dari menjalankan kewajiban serta tidak menyebabkannya mengerjakan  perkara yang haram. Dunia ini memiliki hisab yang lama dan pemiliknya adalah orang-orang kaya yang di dahului para faqir miskin masuk surga selama setengah hari ( setengah hari lamanya lima ratus tahun ).

وأما التي فيها العذاب : فهي التي تقطع عن أداء المأمورات، وتوقع فى ارتكاب المحظورات، وهي زاد صاحبها إلى النار، ومدرجته إلى دار البوار.

Adapun dunia yang mengundang adzab adalah dunia yang menyebabkan orang lalai melaksanakan kewajiban serta menjerumuskannya ke dalam kemaksiatan. Dunia semacam ini menjadi bekal orang masuk ke neraka serta menjadi tangganya ke tempat kehancuran.

📚 Kitab Risalatul Mudzakaroh, Al Imam Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad

Wallahu A'lam Bisshowab. Semoga bermanfaat

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ