4 Orang Yang Makruh Mengeraskan Suara Dalam Islam

Dalam kitab Fathul Mu'in  Hasyiah ianatut Thalibin disebutkan Ada 4 Orang yang makruh mengeraskan Qiraah Atau Suaranya ,jika menganggu orang tidur Atau orang Shalat :

حاشية إعانة الطالبين :
فيكره أى التشويش على من ذكر وقضية عبارته كراهة الجهر إذا حصل التشويش

Baru di Anggap Makruh  mengeraskan suara/bacaan itu apabila menganggu ,Adapun jika tidak menganggu ,maka tidak makruh

فتح المعين :
ولا يجهر مصل - وغيره - إن شوش على نحو نائم أو مصل، فيكره. كما في المجموع

حاشية اعانة الطالبين :
(قوله ولا يجهر مصل (وغيره أى كقارئ وواعظ ومدرس

1.ORANG YANG SHALAT (مصل) Baik Imam atau Munfarid : Makruh mengeraskan suaranya jika menganggu orang tidur Atau  orang shalat lainnya
 
Keterangan :
Dalam hal ini ada pengecualian ,

FAEDAH :
A'li Syibran malisi 

حاشية اعانة الطالبين:
ولو في الفرائض وليس كذلك لأن ما طلب فيه الجهر كالعشاء لا يترك فيه الجهر لما ذكر لأنه مطلوب لذاته فلا يترك لهذا العارض أفاده ع ش

Makruh menjiharkan Qiraah (Alfatihah &Surat) itu tidak berlaku pada  Shalat-shalat  Fardhu(Maghrib,Insya, Subuh) ,Karena pada Shalat fardhu itu dituntut untuk menjiharkannya seperti  : shalat Insya, Mmka jangan meninggalkan jihar pada Shalat insya ,karena Ada  hal yg telah di sebutkan di atas ,karena jihar di dalam shalat Insya itu dituntut pada Zatnya... Maka tidak meninggalkan ini jihar karena adanya perkara yg baru (seperti menganggu orang tidur dan lainnya)

2.QARI ,orang yang Membaca AlQuran/kitab (قارئ): Makruh mengeraskan suaranya jika menganggu orang tidur Atau orang shalat 

3.Orang yang memberi Nasehat/penceramah (واعظ ) : Makruh mengeraskan suaranya jika menganggu orang tidur Atau orang shalat

4.Orang yang mengajar/Guru  (مدرس) :  Makruh mengeraskan suaranya jika menganggu orang tidur Atau orang Shalat

فتح المعين :
وبحث بعضهم المنع من الجهر بقرآن أو غيره بحضرة المصلي مطلقا، لان المسجد وقف على المصلين - أي أصالة - دون الوعاظ والقراء،

حاشية اعانة الطالبين:
قوله لأن المسجد الخ هذه العلة تخصص المنع من الجهر مطلقا مما إذا كان المصلى يصلى في المسجد لا في غيره

•Dalam 4 poin di atas ada pembahasan sebahgian u'lama menyatakan : Mutlak larangan menjiharkan (baik menganggu atau tidak) •Apabila seseorang menjiharkan Suaranya di hadapan orang Shalat di dalam mesjid , bukan orang yg Shalat di selain mesjid ,karena mesjid Pada Asalnya Diwakafkan untuk orang Shalat !! 
Referensi :
Kitab Fathul Mu'in
Hasyiah ianatut Thalibin jilid 1 halaman 153

Harap di koreksi dan ditanyakan di komentar
Wallahu a'lam