Hikmah Jika Sedekah Salah Sasaran, Kisah Menyentuh Hati

Ada seorang laki laki yang berkata, Aku akan memberikan sebuah sedekah. Setelah berkata demikian, ia pun pergi membawa sedekahnya. Namun ternyata sedekahnya jatuh di tangan seorang pencuri. Keesokan paginya, orang orang ramai membicarakan, Ada orang yang sedekah kepada pencuri.


Pria itu berkata lagi, Ya allah, hanya milik engkaulah segala kebaikan. Aku akan memberikan sebuah sedekah. Ia pun pergi membawa sedekahnya. Namun ternyata sedekahnya jatuh di tangan seorang wanita pezina.

Keesokan paginya, orang orang kembali ramai membicarakan, Tadi malam ada orang yang bersedekah kepada seorang pezina.

Pria itu berkata lagi, Ya allah, segala kebaikan hanya milikmu. Sedekahku jatuh kepada pezina. Tapi aku akan bersedekah lagi. Ia lantas pergi membawa sedekahnya. Namun, kali ini sedekahnya diterima oleh orang yang kaya. Keesokan paginya, orang orang ramai membicarakan, Ada orang kaya yang menerima sedekah.

Pria tersebut berkata, Ya allah, segala puji hanya milikmu. Sedekahku jatuh di tangan pencuri, pezina, dan orang yang kaya. Kemudian, ia bermimpi. Dalam mimpinya, ada yang datang dan disampaikan kepadanya, Adapun sedekahmu kepada pencuri, mudah mudahan menjauhkan dirinya dari kebiasaan mencurinya.

Kemudian sedekahmu kepada pezina, mudah mudahan menjauhkan dirinya dari kebiasaan zinanya. Sedangkan sedekahmu kepada orang kaya, mudah mudahan ia mau mengambil pelajaran, kemudian ia jadi mau menginfakkan sebagian yang diberikan Allah kepadanya.

Referensi dari kitab bukhari juz 1 hal 550