Shalat Berjamaah di Rumah atau Shalat Berjamaah di Masjid ?

BERKAH NGAJI BERSAMA KIYAI SHOLIHIN
TERJEMAH FATHUL MUIN
FASAL
TENTANG SHALAT BERJAMĀ‘AH

وَ الْجَمَاعَةُ فِيْ مَكْتُوْبَةِ  لِذَكَرٍ بِمَسْجِدٍ أَفْضَلُ،

 نَعَمْ، إِنْ وُجِدَتْ فِيْ بَيْتِهِ فَقَطْ فَهُوَ أَفْضَلُ، 
 
Melaksanakan berjamā‘ah shalat lima waktu bagi seorang lelaki di dalam masjid hukumnya lebih utama. 1⃣
(  dari pada sholat berjamaah ditempat selain masjid .)

juga Benar lebih utama , sholat berjamaah di rumah 2⃣dari pada sholat sendiri di masid tidak berjamaah, jikalau jamā‘ah hanya ditemukan di rumahnya saja, ( dimasjid tidak dilaksanakan sholat berjamaah ).
maka melaksanakan jamaah di rumah lebih utama,
---------
1⃣وذلك لخبر صلوا ايها الناس في بيوتكم فان افضل الصلاة صلاة المرء في بيته الا المكتوبة

Demikian itu karena ada hadis ; sholatlah wahai manusia dirumahmu, maka sesungguhnya utamanya sholat  sholatnya seseorang dirumahnya kecuali sholat fardlu.

أی فهي في المسجد أفضل فانه مشتمل علی الشرف وكثرة الجماعة غالبا  وإظهار الشعار , 

Jamaah sholat dimasjid itu lebih utama , karena masjid memuat kemulyaan, dan banyaknya jamaah secara umum, dan tampak syiarnya, 

وخرج بالذكر المرءة فان الجماعةلها فی البيت أفضل منها فی المسجد.

Berbeda dengan pria, yaitu wanita , maka bagi wanita berjamaah dirumah lebih utama, dari pada berjamaah di masjid.

2⃣أی من غيروجودها في المسجد

Tidak adanya sholat berjamaah di masjid.

وقوله فهو افضل أی فالبيت أفضل من المسجد والمراد أن الصلاة مع الجماعة فی البيت افضل من الصلاة فی المسجد مع الانفراد 

Kata Mushonif, berjamaah Sholat di rumah itu lebih utama dari pada sholat di masjid tidak berjamaah.

وذلك لخبر صلاة الرجل مع الرجل أزكی من صلاته وحده، وصلاته مع الرجلين أزكی من صلاته مع الرجل وما كان اكثر فهو أحب الی الله تعالی  رواه ابن حبان وصححوه. 

Demikian itu adanya hadis : sholatnya seorang pria berjamaah  dengan seorang pria itu lebih utama/baik dari pada sendiri, sholatnya seorang pria berjamaah dengan dua pria lebih baik dari pada berjamaah dengan satu pria,  maka semain banyak peserta jamaahnya maka semakin disenagi Allah swt .

Ianah Tholibin , juz 2 hal 5
Nurul Ilmi.
---------

وَ كَذَا لَوْ كَانَتْ فِيْهِ أَكْثَرُ مِنْهَا فِي الْمَسْجَدِ عَلَى مَا اعْتَمَدَهُ الْأَذْرَعِيُّ وَ غَيْرُهُ.

Juga  melaksanakan jamaah di rumah lebih utama3⃣,  jikalau di rumah lebih banyak jamā‘ahnya dibanding di masjid, menurut pendapat yang menjadi pedoman Imām Adzra‘ī dan selainnya. 
-------------
3⃣بل قال المتولي إن الانفراد فيها أفضل من الجماعة في غيرها
Berbeda pendapat dengan imam  Al Mutawaly, beliau berkata :  sesungguhnya sholat sendiri didalam masjid lebih utama dari pada sholat  berjamaah di selain masjid.

Ianah Tholibin juz 2 hal 5
Nurul Ilmi
-------------

 قَالَ شَيْخُنَا: وَ الْأَوْجَهُ خِلَافَهُ، 
 
Guru kita berkata: Menurut pendapat yang aujah berbeda4⃣ dengan pendapat itu. (Pendapat Guru kita, yang aujah adalah   dari tinjauan betbagai wajah bukan seperti itu hukumnya , )
-----------
4⃣خلاف مااعتمده الاذرعي  وهو انها فی المسجد ولو قلت أفضل منها فی البيت وان كثرت وذلك  لان مصلحة طلبها فی المسجد.

Pendapat Guru kita berbeda dengan pendapat yg dipegang Al Adzroi,. : berjamaah dimasjid walaupun ja.aahnya sedikit itu  lebih utama dari pada berjamaah selain dimasjid  walaupun jamaahnya banyak,  karena tuntutan pelaksanaan sholat berjamaah adalah dimasjid.

Ianah Tholibin juz 2 hal 5
Nurul Ilmi
------

وَ لَوْ تَعَارَضَتْ فَضِيْلَةُ الصَّلَاةِ فِي الْمَسْجِدِ وَ الْحُضُوْرِ خَارِجَهُ:قُدِّمَ فِيْمَا يَظْهُرُ

Jikalau terjadi pertentangan Keutamaan  mengerjakan shalat  di masjid dengan berjamaah  di luar masjid / maka hukum yang jelas adalah menghadiri jamā‘ah di luar masjid, / hendaklah dimenangkan5⃣ mana yg lebih besar fadhilahnya.
--------------   
 5⃣فالمتقدم الصلاة في غير المسجد مع الحضور وان فاتته فضيلة المسجد  ، لان الفضيلة  المتعلقة بالعبادة وهو الحضور اولی من المتعلقة بالمكان وهو الصلاة في المسجد

Yang di utamakan sholat diselain masjid dengan bisa hudlur / khusuk  walaupun tak dapat fadhilah masjid, karena fadhilah yg berkditan dengan ibadah yaitu hudhur /khusuk itu lebih utama dari fadhilah yg terkait tempat dan tempat sholat adalah masjid.

Ianah Tholibin juz 2 hal 5
Nurul Ilmi
--------------

  لِأَنَّ الْفَضِيْلَةَ الْمُتَعَلِّقَةَ بِذَاتِ الْعِبَادَةِ أَوْلَى مِنَ الْفَضِيْلَةِ الْمُتَعَلِّقَةِ بِمَكَانِهَا أَوْ زَمَانِهَا، وَ الْمُتَعَلِّقَةُ بِزَمَانِهَا أَوْلَى مِنَ الْمُتَعَلِّقَةِ بِمَكَانِهَا 

 sebab keutamaan yang berhubungan dengan ‘ibādah itu sendiri lebih utama dibanding dengan keutamaan yang berhubungan dengan tempat atau waktunya, dan yang berhubungan dengan waktu6⃣ lebih utama dibanding dengan tempatnya.
---------
6⃣كما إذا تعارضت علی صلاة الضحی فی المسجد أول النهار ، وصلاتها خارج المسجد قريب ربع النهار فالمقدم الصلاة خارجه كما تقدم

Kalau bertentangan antara sholat dhuha didalam masjid, tapi sholatnya awal siang ( sekitar jam 7 pagi ), dan sholat dhuha diselain masjid pada waktu seperempat siang ( yang utama sekitar jam 9 pagi ) maka yg diutamakan yg sholat fi selain masjid.

Ianah Tholibin juz 2 hal 5
Nurul Ilmi

MOHON DIKOREKSI DAN DILENGKAPI 
SEMOGA BERMANFAAT