Jika Anda akan mengajarkan kosakata baru, Anda bisa menempuh beberapa langkah yang mungkin bisa membantu Anda:
- Guru mengucapkan kosakata (B.Asing) sebanyak dua atau tiga kali dan siswa mendengarkannya.
- Guru menuliskan kataa di papan tulis dengan harakat yang lengkap.
- Guru menjelaskan makna kata dengan cara yang sesuai dengan karakter kata tersebut.
- Guru menggunakan kata tersebut dalam satu atau beberapa kalimat sempurna supaya siswa lebih memahami makna dan fungsi gramatikalnya.
- Siswa menirukan pengucapan salah satu kalimat tersebut secara bersama-basama, kemudian secara kelompok , lalu secara individu.
- Guru membimbing cara menulis kata tersebut kepada siswa, lebih-lebih jika kata tersebut memiliki tingkat kesulitan dalam penulisan.
- Guru menulis makna kata dan kalimat yang dapat membantu kejelasan makna di papan tulis.
- Siswa menulis kosakata-kosata baru yang sudah di tulis oleh guru di papan tulis
- Siswa menulis kata, arti kata, dan contoh kalimat di buku masing-masing.
Sembilan (9) langkah di atas dapat memwujudkan hal-hal sebagai berikut:
- Siswa dapat mendengarkan contoh pengucapan kata dari guru sebelum meniru dan mengulanginya.
- Siswa mengulang-ulang pengucapan kata setelah memahami maknanya.
- Langkah-langkah ini besifat komprehensif, dimana guru mengucapkan kata, mengulang-ulangnya, menulisnya di papan tulis, meletakannya dalam kalimat sempurna, dan menulis maknanya. Begitu juga siswa siswa, mendengarkan pengucapan kata, menulisanya, membacanya, dan mengulangnya.
- Siswa mengulang-ulang kara dalam konteks (kalimat sempurna).
Referensi penulisan buku Ali Al-Khuli.